Skip to main content

X-Press Your Passion Dan Rindu Yang Tak Pernah Tuntas

Hari ini seorang kawan terlihat begitu lelah rautnya, tubuhnya terlihat getir dan bicaranya tak seperti biasanya, ia lebih banyak diam. Setelah menghabiskan kopi tarik kesukaannya, buah dari seorang barista berhijab dia kemudian meminta maaf tak  bisa menyambut pagi bersama, ia pamit. Katanya, ada agenda penting besok di tempat kerjanya, untuk itu dia  butuh istrahat yang cukup.  

Seringkali memang tempat kerja mengambil banyak quality time kita, tuntutan sebuah legalitas profesionalisme, tapi bagi kawan yang satu ini tempatnya bekerja lebih dari sekedar pemenuhan identitas masyarakat modern, melainkan proses pembelajaran mengenai makna hidup yang lebih mendalam, menjadi manusia seutuhnya. Bekerja di tempat ini bukan sekedar urusan cuan, cuan dan cuan…melainkan ada banyak kesenangan di dalamnya, yang mungkin tak dapat terbayarkan oleh cuan berapa pun. Ada pembelajaran mengenai bentuk kesabaran ketika dikecewakan oleh rekan sejawat, ada pembelajaran mengenai saling menghargai ketika seringkali argumentasi tidak berada pada arah yang sama, ada pula pembelajaran mengenai bentuk kesyukuran atas nikmat yang selama ini masih terus tercurahkan. Di tempat kerja ini, di sebuah stasiun radio, Skip FM - seorang kawan menemukan bentuk kemerdekaan yang mandiri dan makna keluarga yang berbeda bukan hanya persoalan segaris darah yang sama.

Disini, Skip FM salah satu stasiun radio di Kota Palu, kerja bagi mereka adalah bentuk-bentuk penjewantahan utilisme positif,  dimana kesenangan-kesenangan dan kebahagiaan menghibur pendengar menjadi causa prima. Melalui tema “X-Press Your Passion”, diusianya yang ke-10 tahun, Skip FM semakin menegaskan kesenangan tersebut. Iya, 10 tahun apabila dipandang dalam perspektif ‘keluarga’ bukan angka yang kecil tetapi juga bukan angka yang begitu besar. Namun, 10 memiliki karakteristik pembeda dengan angka-angka lainnya. Kesempurnaan dan eksistensi terkandung di dalamnya, bahkan melalui tema “X-Press Your Passion” Skip FM ingin melepaskan segala dogma yang selama ini tertanam jauh pada masa lalu yang terseok-seok dan sekaligus menjadi tonggak harapan akan hasrat yang menggebu pada media radio, musik dan para pendengarya.

“X-Press Your Passion” bukan hanya menjadi tema latah sebuah perayaan atau seremonial belaka, melainkan di dalamnya terkandung semangat akan hasrat, harapan dan cita-cita setiap individu yang terikat dalam satu identitas, Skip FM. Seorang tokoh linguistik, Sausanna Langer, bahwa untuk memaknai satu teks, maka berikan ruang yang luas pada hal-hal di luar teks tersebut. Pun adanya “X-Press Your Passion”, bukan hanya menjadi tema besar dimana serangkaian acara dikonstruk berdasarkan tema tersebut, atau bukan berbicara mengenai teks “X” sebagai sebuah alfabet, atau teks “Your” yang diterjemahkan sebagai ‘kamu’ atau pun teks “Passion” yang diartikan sebagai hasrat. Rasa-rasanya, “X-Press Your Passion” begitu dangkal apabila dimaknai hanya sebatas denotasi.   

Sebuah teks lahir tidak dapat dipisahkan dari wilayah-wilayah kognisi dan konteks sosial masyarakat. Melalui tema “X-Press Your Passion”, Skip FM menjelaskan secara sederhana dan penuh gaya akan identitas mereka sebagai sebuah media yang menjadi wahana pelepasan diri dari kesuraman masa lampau dan ketakutan yang direkayasa. Iya, mirip dengan apa yang ingin dikatakan oleh Adam Lambert dalam lagu ‘For Your Entertaiment’,

So hot
Out the box
Can you pick up the pace?
Turn it up,
Heat it up
I need to be entertained
Push the limit
Are you with it?
Baby, don't be afraid
I'm a hurt 'ya real good, baby

Selain berbicara mengenai identitas Skip FM, “X-Press Your Passion” juga berbicara mengenai identitas kawula muda yang begitu identik dengan hasrat yang menggebu-gebu, penuh semangat, gairah hingga birahi yang seringkali tidak tersalurkan oleh superego. Skip FM memang menjadi sebuah radio yang berorientasikan pada pendengar anak muda, dan melalui “X-Press Your Passion” Skip FM ingin mengajak pendengarnya yang didominasi anak muda untuk tidak segan dalam mengembangkan potensi dan ekspresi dengan cara-cara yang positif.

Dan yang terakhir, “X-Press Your Passion” ingin berbicara mengenai eksistensi dari media bernama radio. Banyak yang beranggapan bahwa dengan kehadiran banyak media baru hari ini, eksistensi radio semakin tenggelam, namun yang namanya cinta mau sebanyak apapun gadis yang datang silih berganti dan sejauh apapun kau melangkah, rindu selalu membawamu pulang. Iya, seperti halnya ‘passion’ bahwa hal ini tidak terpisahkan dari kedirian manusia dan tak pernah padam sehingga radio akan terus hidup.

Selamat Panjang Usia Skip FM Palu yang ke-10…teruslah mengudara meyebarkan rindu yang tak pernah tuntas.

Writed By       : Trinarta


Comments

TERPOPULER

Katanya.......

Katanya Dekati dulu Tuhannya baru dekati ciptaan-Nya Jodoh itu cerminan dari diri sendiri Yang baik hanyalah untuk yang baik pula Pantaskan diri sebelum mencari Dalam ikhiarku mencari mu, tertera hasrat yang menderu pada seseorang yang tak kutahu siapa dan dimana saat ini berada Aku hanya merasakan rindu tapi entah pada siapa Tahukah, engkau adalah alasan mengapa kuaktifkan radar ini Radar yang mencari sinyal melalui tengadah doa Mengiba pada Allah untuk mendekatkan pertemuan dengan cara memantaskan diri Radar yang telah aktif mencari sinyal yang seirama Sefrekuensi untuk dapat dijumpakan dengan caraNya Jika aku baik, maka aku akan dipertemukan dengan yang baik Jika aku buruk, maka aku akan dipertemukan dengan yang buruk Kuaktifkan radar ini dengan memantaskan diri sebaik mungkin Cinta adalah anugerah Merasakannya adalah fitrah Menjaganya adalah ibadah Karena jatuh cinta adalah mubah Maka menyikapinya bisa menjadi pahala berlimpah Atau j

Laplace’s Demon: sang Iblis yang Deterministik

Tersebutlah nama sesosok iblis. Iblis itu dikenal sebagai Laplace’s Demon , satu sosok intelegensia yang dipostulatkan oleh Pierre Simon de Laplace . Laplace—seorang ahli matematika Perancis abad ke-18 —menulis sebuah esai, Essai philosophique sur les probabilités pada tahun 1814 . Dalam esai itu, Laplace mempostulatkan adanya suatu sosok intelegensi yang memiliki pengetahuan tentang posisi, kecepatan, arah, dan kekuatan semua partikel di alam semesta pada satu waktu. Intelegensi ini sanggup memprediksi dengan satu formula saja seluruh masa depan maupun masa lampau . Laplace's Demon Linocut - History of Science, Imaginary Friend of Science Collection, Pierre-Simon Laplace, Mathematics Physics Daemon Space ( https://www.etsy.com/listing/74889917/laplaces-demon-linocut-history-of) Laplace berpendapat, kondisi alam semesta saat ini merupakan efek dari kondisi sebelumnya, sekaligus merupakan penyebab kondisi berikutnya. Dengan begitu, jika kondisi alam semesta pada saat penci